komputer anak usia dini
Sesuai dengan pengertian bermain yang
merupakan tuntutan dan bagi perkembangan anak usia TK, menurut Hartley, Frank,
dan Goldenson sebagaimana dikutip oleh Moeslichatoen, ada 8 fungsi bermain bagi
anak:
- Memainkan apa yang dilakukan oleh orang dewasa
- Untuk melakukan berbagai peran yang ada dalam kehidupan nyata
- Untuk mencerminkan hubungan dalam keluarga dan pengalaman hidup yang nyata.
- Untuk menyalurkan perasaan yang kuat
- Untuk melepaskan dorongan-dorongan yang tidak dapat diterima
- Untuk kilas balik peran-peran yang biasa dilakukan
- Mencerminkan pertumbuhan
- Untuk memecahkan masalah dan mencoba berbagai penyelesaian masalah.
Sedangkan menurut Hetherington dan
Parke bermain juga berfungsi untuk mempermudah perkembangan kognitif anak.
Dengan bermain akan memungkinkan anak meneliti lingkungan, mempelajari segala
sesuatu yang dihadapinya. Bermain juga meningkatkan perkembangan sosial anak.
Dengan menampilkan bermacam-macam peran, anak berusaha memahami peran orang
lain dan menghayati peran yang akan diambilnya setelah ia dewasa kelak.
Sejalan dengan Hetherington dan Parke di atas, Dworetzky
(1990) juga mengemukakan fungsi bermain dan interaksi dalam permainan mempunyai
peranan penting bagi perkembangan kognitif dan sosial anak. Fungsi bermain
tidak saja dapat meningkatkan perkembangan kognitif dan sosial, tetapi juga
perkembangan bahasa, disiplin, perkembangan moral , kreatifitas dan
perkembangan fisik anak. Beberapa fungsi bermain antara lain:
1.
Mempertahankan keseimbangan
2.
Menghayati berbagai pengalaman yang diperoleh dari
kehidupan sehari-hari
3.
Mengantisipasi peran yang akan dijalani di masa yang akan
datang
4.
Menyempurnakan keterampilan-keterampilan yang dipelajari
5.
Menyempurnakan keterampilan memecahkan masalah
6.
Meningkatkan keterampilan berhubungan dengan anak lain.
perlunya pembelajaran komputer pada
anak
Pentingnya permainan komputer aud Menurut saya pembelajaran komputer
pada anak usia dini pada saat ini sangat penting , karena zaman yang semakin
canggih dan semakin moderen dari waktu kewaktu. Namun untuk memperkenalkan
komputer pada seorang anak itu sebaiknya sedini mungkin karna pada masa anak
anak atau pada masa emas (golden age) anak lebih mudah menyerap apa yang kita
berikan pada anak . selain karena zaman yang semakin canggih ,pembelajaran
komputer juga sangat berguna untuk masa depan anak nantinya , dan dengan adanya
pembelajran pada anak kita akan menghasilkan generasi genarasi yang tidak gagap
tekhnologi (gaptek).
Pada pembelajaran komputer pada anak banyak memberikan
manfaat positif pada anak seperti halnya anak menggunakan game (permainan) pada
komputer , kita sebagai pendidik atau orang tua dapat memberikan pada anak
permainan yang berpendidikan, seperti permainan yang diciptakan oleh ADNAN
ZELNURROCHMAN dimana permainan yang diciptakannya adalah permainan edukatif
untuk anak seperti permainan “pembelajaran anak cerdas” pada permainan tersebut
anak diperkenalkan dengan konsep konsep berhitung,membaca,menulis , dan
mengenal suara hewan serta penjumlahan , dimana pada pembelajaran komputer di
permainan tersebut , di sini banyak aspek perkembangan anak yang dapat kita
kembangkan , kognitif anak dalam
mengingat bentuk huruf, motorik halus anak dalam menirukan kembali huruf huruf
yang ada pada permainan , sosial emosional anak saat merasa senang dalam
bermain, kognitif anak dalam bermain pazzle angka, kognitif anak dalam
menghitung jumlah hewan , dan kognitif anak dalam mengingat dan menebak suara
hewan .
Dan komputer dapat
digunakan oleh pendidik sebagai media dalam pembelajaran anak di
sekolah,misalnya saat pendidik ingin memperkenalkan gambar pada anak sehingga
anak tertarik untuk belajar karena apa yang dijelaskan oleh pendidik dapat
bersifat nyata untuk si anak dan adanya efek suara atau nyanyian yanyian yang
di perlihatkan pendidik pada anak akan mengembangkan aspek sosial emosional
pada diri anak sehingga anak merasa gembira selama pembelajaran berlansung
selain dapat mengembangkan aspek sosial emosional anak efek suara atau nyanyian
nyanyian yang diperdengarkan oleh pendidik juga dapat mengembangkan aspek
bahasa pada anak,namun disamping kekayaan positif yang diberikan pada
pembelajaran komputer , juga terdapat dampak negatif pada seorang anak misalnya
seperti anak terlalu asyik dengan
kegiatannya sendiri sehingga tidak ada interaksi ataupun bersosialisasi dengan
lingkungan sekitarnya disini anak akan kehilangan waktu bermain bersama teman
sebayanya ,dan komputer juga memberikan dampak negatif bagi kesehatan anak
seperti kelelahan mata dan sakit
kepala,dan selanjutnya pada internet,jika anak telah mampu mengakses internet
dengan sendiri maka lebih banyak lagi dampak negatif bagi si anak dimana pada
internet tersebut tidak ada batasan dalam mengakses segala hal anak bisa saja
mengunduh sebuah permainan yang disenanginya seperti game yang di dalamnya
melibatkan kekerasan , anak karena merasa senang dalam menggunakan game
tersebut bisa saja anak meniru cara cara yang dilakukan untuk melawan musuh
dengan kekerasan dan dia mencoba melakukan kekerasan tersebut kepada temannya.
Jadi disini peran kita sebagai pendidik atau pun orang tua
hendaknya memberikan pembelajaran komputer sesuai dengan tahap perkembangan
anak , kita harus selalu mengawasi anak setiap menggunakan komputer agar tidak
terjadi hal yang negatif bagi si anak .
Menurut saya pembelajaran komputer pada anak usia dini pada
saat ini sangat penting , karena zaman yang semakin canggih dan semakin moderen
dari waktu kewaktu. Namun untuk memperkenalkan komputer pada seorang anak itu
sebaiknya sedini mungkin karna pada masa anak anak atau pada masa emas (golden
age) anak lebih mudah menyerap apa yang kita berikan pada anak . selain karena
zaman yang semakin canggih ,pembelajaran komputer juga sangat berguna untuk masa
depan anak nantinya , dan dengan adanya pembelajran pada anak kita akan
menghasilkan generasi genarasi yang tidak gagap tekhnologi (gaptek).
Pada pembelajaran komputer pada anak banyak memberikan
manfaat positif pada anak seperti halnya anak menggunakan game (permainan) pada
komputer , kita sebagai pendidik atau orang tua dapat memberikan pada anak
permainan yang berpendidikan, seperti permainan yang diciptakan oleh ADNAN
ZELNURROCHMAN dimana permainan yang diciptakannya adalah permainan edukatif untuk
anak seperti permainan “pembelajaran anak cerdas” pada permainan tersebut anak
diperkenalkan dengan konsep konsep berhitung,membaca,menulis , dan mengenal
suara hewan serta penjumlahan , dimana pada pembelajaran komputer di permainan
tersebut , di sini banyak aspek perkembangan anak yang dapat kita kembangkan
, kognitif anak dalam mengingat bentuk
huruf, motorik halus anak dalam menirukan kembali huruf huruf yang ada pada
permainan , sosial emosional anak saat merasa senang dalam bermain, kognitif
anak dalam bermain pazzle angka, kognitif anak dalam menghitung jumlah hewan ,
dan kognitif anak dalam mengingat dan menebak suara hewan .
Dan komputer dapat
digunakan oleh pendidik sebagai media dalam pembelajaran anak di
sekolah,misalnya saat pendidik ingin memperkenalkan gambar pada anak sehingga
anak tertarik untuk belajar karena apa yang dijelaskan oleh pendidik dapat
bersifat nyata untuk si anak dan adanya efek suara atau nyanyian yanyian yang
di perlihatkan pendidik pada anak akan mengembangkan aspek sosial emosional
pada diri anak sehingga anak merasa gembira selama pembelajaran berlansung
selain dapat mengembangkan aspek sosial emosional anak efek suara atau nyanyian
nyanyian yang diperdengarkan oleh pendidik juga dapat mengembangkan aspek
bahasa pada anak,namun disamping kekayaan positif yang diberikan pada
pembelajaran komputer , juga terdapat dampak negatif pada seorang anak misalnya
seperti anak terlalu asyik dengan
kegiatannya sendiri sehingga tidak ada interaksi ataupun bersosialisasi dengan
lingkungan sekitarnya disini anak akan kehilangan waktu bermain bersama teman
sebayanya ,dan komputer juga memberikan dampak negatif bagi kesehatan anak
seperti kelelahan mata dan sakit
kepala,dan selanjutnya pada internet,jika anak telah mampu mengakses internet
dengan sendiri maka lebih banyak lagi dampak negatif bagi si anak dimana pada
internet tersebut tidak ada batasan dalam mengakses segala hal anak bisa saja
mengunduh sebuah permainan yang disenanginya seperti game yang di dalamnya
melibatkan kekerasan , anak karena merasa senang dalam menggunakan game
tersebut bisa saja anak meniru cara cara yang dilakukan untuk melawan musuh
dengan kekerasan dan dia mencoba melakukan kekerasan tersebut kepada temannya.
Jadi disini peran kita sebagai pendidik atau pun orang tua
hendaknya memberikan pembelajaran komputer sesuai dengan tahap perkembangan
anak , kita harus selalu mengawasi anak setiap menggunakan komputer agar tidak
terjadi hal yang negatif bagi si anak . J
KOMPUTER DAN PENGEMBANGAN ANAK USIA
DINI
I.
Definisi
komputer berasal dari bahasa latin
computare yang mengandung arti menghitung. Karena luasnya bidang garapan ilmu
komputer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan
terminologi komputer.
1. Menurut Hamacher, komputer adalah
mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi infut
digital, kemudianmemprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di
memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.
2. Menurut Blissmer, komputer adalah
suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut :
1. menerima infut
2. memproses infut tadi sesuai
dengan programnya
3. menyimpan perintah-perintah dan
hasil dari pengolahan
4. menyediakan output dalam bentuk
informasi
3. Sedangkan Fuori berpendapat bahwa
komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar
secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tampa campur
tangan dari manusia.
II. Bagian-bagian komputer dan fungsinya
1. Floopy Disk Drive
Merupakan peralatan masukan yang
berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data flopy disk
(disket). Alat ini juga dapat berfungsi untuk menulis atau merekam data
kledalam disket.
2. CD ROM
Peralatan masukan ini berfungsi
untuk membaca data atau program dari media penyimpan data CD (Compac Disk)
3. CD RW
Selain berfungsi untuk membaca data
atau program dari media penyimpanan data CD (Compac Disk) juga dpat menulis dan
merekam data pada CD.
4. DVD ROM
Peralatan masukan ini berfungsi
untuk membaca data atau program dari media penyimpanan data baik CD atau DVD
5. DVD RW
Selain berfungsi untuk membaca data
atau program dari media penyimpanan data CD/DVD juga dapat menulis dan merekam
data pada CD/DVD
6. CPU
Alat Proses adalah CPU (Central
Prosesing Unit) yang merupakan unit proses utama dan terpenting dalam komputer
yang mengendalikan seluruh proses pengolahan data mulai dari membaca dat dari
peralatan infut, mengolah atau memproses sampai pada mengeluarkan informasi
(Output) ke peralatan Output.
7. Mainboard merupakan salah
satu perangkat dalam komputer yang digunakan sebagai tempat untuk memasang atau
meletakkan beberapa peralatan lain seperti : Processor, memory, kabel-kabel
data (penghubung) hardisk, Flopy disk, Card (kartu) seperti : VGA Card, NIC
(kartu jaringan) dan lain sebagainya.
8. Processor yaitu sebuah
Chip yang merupakan otak pemroses dan pusat pengendali berbagai perangkat lain
sehingga komputer dapt bekerja satu dengan lainnya. Ukuran Processor adalah MHz
(Mega Hertz) yaitu hitungan kecepatan dalam mengelolah data / informasi
9. Memory merupakan tempat
menyimpan data atau instruksi. Semakin besar kapasitas memory yang di sediakan
akan semakin besar data atau intruksi yang dpat di tampung untuk diolah
Peralatan Output atau peralatan
keluaran yaitu peralatan yang berfungsi untuk menampilkan data, intruksi dan
informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar
10. Monitor merupakan
peralatan keluaran yang berfungsi untuk menampilkan data, intruksi dan
informasi dalam bentuk teks dan grafik atau gambar.
11. Printer yaitu peralatan
keluaran yang digunakan untuk mencetak data / informasi dari komputer dengan
kertas.
12. Speaker peralatan Output
untuk menghasilkan atau mengeluarkan efek suara dari komputer.
III. Beberapa kelebihan komputer dari
pada mesin ketik biasa / manual
- Jika dulu mengetik dengan
menggunakan mesin ketik, tidak biusa di edit sekarang dengan menggunakan
komputer bisa.
- Dapat mengedit dan memberikan efek
gambar sesuka hati
- Dapat menyimpan data
- Dapat mengirim email dalam
hitungan milidetik
- Dapat melakukan pekerjaan
administrasi yang jauh lebih mudah dan efisien
IV. Selayang pandang tentang manfaat
computer bagi Pendidikan Anak Usia Dini
- Memungkinkan anak-anak dapat
mengontrol kegiatan belajarnya sendiri dan dapat menentukan kecepatan belajar
sesuai dengan kemampuan yang dimiliki
- Penggunaan komputer dalam
aktivitas pembelajaran pada anak-anak mampu memberikan pangalaman belajar yan
variatif. Hal ini di mungkinkan karena program komputer mampu menyajikan
informasi dalam format multimedia dengan menggunakan beberapa pendekatan
seperti permainan, simulasi, dan presentasi. Komputer dengan kemampuan
multimedianya mampu memperlihatkan objek yang realistik.
- Komputer dapat digunakan untuk
melati kemampuan anak-anak utnuk dapat berfikir secara logis dan sistematis.
Interaksi antara pengguna dengan program komputer didasarkan logika dan
langkah-langkah yang runtun.
Friday
Tidak ada komentar:
Posting Komentar